putri bali rental mobil di bali

Air Terjun Aling-Aling: Hal Menarik, Fasilitas, Harga Tiket, Lokasi, dan Rute

Air Terjun Aling-Aling

Ada air terjun di Bali yang membuat wisata alamnya semakin kece. Meskipun belum sehits Air Terjun Git-Git atau Sekumpul, tapi pesonanya tidak kalah. Nama destinasi ini adalah Air Terjun Aling-Aling.

Tinggi air terjunnya sekitar 35 kilometer. Makanya, tidak heran hujaman airnya sangat deras, seperti menyerbu ke kolam di bawahnya. Diapit tebing tinggi juga, kecantikan Aling-Aling tetap mencuri hati pengunjungnya.

Hal Menarik di Aling-Aling

Wisata ini dikenal dengan pemandangan indah di sekitarnya. Selain itu, aktivitas menarik apa saja yang bisa ditemukan di sini?

1. Pemandangan Alam Cantik di Sekitar

Suasana di sekitar air terjun ini super adem dan sangat alami. Banyak tanaman hutan yang beragam, cocok buat refreshing dan foto-foto bersama keluarga. Tempatnya pas sekali untuk melihat keindahan alam yang benar-benar alami.

Bagi yang suka trekking, pengunjung bisa jalan-jalan melewati jalur dan tangga sebelum sampai ke tujuan. Tidak akan bosan, karena pemandangan alamnya sungguh memanjakan mata. Ada pepohonan hijau, udaranya sejuk, dan hutan yang rimbun di sepanjang perjalanan.

Maka dari itu, menjelajahi air terjun ini harus siap jasmani dan sehat. Disarankan membawa bekal, seperti air minum dan makanan, agar perut tetap terisi selama perjalanan karena di sana minim pedagang makanan.

2. Bisa Bermain Air Terjun

Karena air terjunnya deras dan licin, beberapa pengunjung ditemukan nekat meluncur ke bawah dan mencemplungkan diri ke kolam. Banyak juga yang membuat tempat bermain seluncuran dari atas air terjun.

Kawasan ini menciptakan sensasi yang sangat seru. Di kolamnya, pengunjung bisa berenang sambil menikmati pemandangan yang sangat mempesona.

Air terjunnya sendiri terbagi dua. Di sebelah kanan debit airnya lebih besar daripada yang di sebelah kiri. Tapi, keduanya tetap menyuguhkan kesegaran dan air yang membuat Anda merasa adem.

3. Lompat dari Tebing

Ada keseruan lain yang bisa dirasakan. Pengunjung bisa mencoba terjun bebas dari tebing di air terjun. Bagi yang sudah pro tenang saja.

Tapi, bagi yang belum pernah, lebih baik jangan dicoba karena cukup membahayakan nyawa serta menjadi kasus Aling-Aling Waterfall death.

4. Paket Trekking

Selain disuguhi keindahan alamnya, di sana pengunjung juga bisa mencoba paket wisata trekking yang seru abis. Ada tiga pilihan: short trekking, medium trekking, dan long trekking. Harganya mulai dari Rp120.000 hingga Rp500.000.

Biaya tersebut sudah termasuk guide, asuransi, dan perlengkapan keselamatan lainnya. Menarik, bukan?

Fasilitas dan Harga Tiket Masuk

Di sekitar air terjun, ada fasilitas yang cukup menakjubkan. Anda bisa menemukan kafe dan restoran untuk mengisi perut, dan bisa memilih menu makanan sesuai selera.

Plus, ada penginapan mewah, seperti Puri Saron Hotel, Puri Mangga Sea View Resort and Spa, dan Bali Taman Beach Resort and Spa.

Untuk masuk ke Air Terjun Aling-Aling waterfall, pengunjung perlu membayar tiket sekitar Rp125.000 bagi wisatawan  lokal dan Rp250.000 untuk turis asing.

Parkirnya juga bayar, dan kalau mau, Anda bisa memberi donasi di kotak yang disediakan seikhlasnya.

Lokasi dan Rute

Air Terjun Aling-Aling hike tempatnya ada di Desa Sambangan, Sukasada, Buleleng, Bali. Dari Bandara Internasional Ngurah Rai, jaraknya sekitar 110 kilometer. Atau dari Denpasar ke Singaraja, ambil arah ke terminal Sukasada sampai Balai Desa Sambangan.

Jaraknya sekitar 80 kilometer, bisa ditempuh dalam waktu sekitar dua jam. Tiba di Balai Desa Sambangan, ada papan petunjuk yang mengarahkan ke Air Terjun Aling-Aling. Cukup ikuti karena Anda tidak akan tersesat.

Perlu sekitar dua kilometer lagi hingga sampai di tujuan. Di beberapa titik, ada juga rambu tambahan yang akan membantu pengunjung menuju lokasi.

Penutup

Destinasi wisata Air Terjun Aling-Aling termasuk masih 'perawan'. Penataannya belum bisa dikatakan sempurna. Karena letaknya juga berada di pedalaman desa, disarankan untuk pergi ke sana dengan jasa tour guide lokal.

Putri Bali Rental siap menemani perjalanan anda di Bali

Hubungi Kami

081 999 533 488
081 999 533 488
putribali.rental@gmail.com
JL. Grogol Carik, Gg Naga Mas NO. 8

Pembayaran

BCA : 7705203342
A/N I Gede Juliana