putri bali rental mobil di bali

Informasi Wisata Air Putra Tirta Gangga

Pura Tirta Gangga

Pulau Bali memiliki banyak destinasi berlibur yang indah, salah satunya Pura Tirta Gangga. Sudah terlalu mainstream jika berkunjung ke Bali selalu di Pantai Kuta. Pura Tirta Gangga terletak di Karangasem, Bali.

Berawal dari taman air Kerajaan Karangasem, menjadi tempat liburan yang penuh sejarah. Keindahan ornamen serta panorama alamnya yang khas kerajaan dapat dilihat di sana. Lokasi wisata air ini bisa menjadi alternatif destinasi wisata bagi keluarga.

Sejarah Pura Tirta Gangga

Pura Tirta Gangga terletak di pulau Bali, berada di wilayah Karangasem yang letaknya berada di ujung timur pulau Bali. Taman wisata air ini awalnya merupakan wilayah kerajaan Karangasem yang dibangu oleh Raja Karangasem di tahun 1946.

Ornamen-ornamen yang ada di Pura satu ini sangat menggambarkan era kerajaan Karangasem. Tidak heran jika wisatawan dapat merasakan era kerajaan Bali pada jaman dahulu. Taman wisata air ini memiliki 3 bangunan yang penuh akan makna tersirat.

Lokasi dan Rute Pura Tirta Gangga

Umumnya destinasi akhir para wisatawan akan mengunjungi daerah Timur. Biasanya pihak tour akan menuju ke Pura Lempuyangan terlebih dahulu baru ke Tirta Gangga. Jarak Pura Lempuyang ke Tirta Gangga hanya 9 kilo saja. 

Apabila wisatawan berangkat dari Denpasar, maka perlu waktu sekitar 2-3 jam. Rute lebih jelasnya dapat dilihat sebagai berikut:

  1. Dari Jl. Raya Bugbug menuju pertigaan Puskesmas Karangasem, kemudian belok kiri ke Jl. Raya Bungaya.
  2. Selanjutnya akan melintasi Pura Dadie Sri Karang Buncing Asak, belok kanan.
  3. Belok kanan ke arah Jl,Salak kemudian ke kanan mengambil arah ke Jl. KH. Samanhudi.
  4. Berikutnya, ke kiri sampai ke Jl. Nenas, sekitar 1,6 kilo belok kanan menuju Jl. Veteran.
  5. Dari Jl. Veteran, sekitar 1,3 kilo lagi, belok kiri ke Jl. Padang Kerta kemudian lurus sampai Jl. Abang-Amlapura sekitar 3,5 kilometer sudah tiba.

Daya Tarik Pura Tirta Gangga

Pura satu ini merupakan destinasi berlibur yang cocok untuk keluarga maupun kegiatan study tour sekolah. Di dalamnya menyimpan sejarah dan pengunjung akan sangat senang dengan pemandangan yang ada.

1. Air dari Sumber Murni

Berkunjung ke Pura satu ini tentu yang pertama kali dapat dipandang adalah hamparan air di kolam. Air tersebut merupakan air murni, asli dari sumber mata air di Rejasa. Masyarakat percaya bahwa air tersebut bersumber dari air suci.

2. Ornamen Menara Air

Berikutnya, yang menjadi daya tarik dan menjadi ikonik dari Tirta Gangga, yakni menara air. Menara air tersebut merupakan atap pura, tingginya hampir 10 meter. Masyarakat setempat sering menggunakan menara air tersebut sebagai tempat upacara adat.

3. Jalan Setapak Berada Mengambang di Atas Air

Daya tarik berikutnya, yakni terdapat jalan setapak yang mengambang di atas air kolam tersebut. Berjalan di atasnya akan membawa wisatawan untuk merasakan sensasi berjalan di atas air. Seoalah terbawa ke masa Kerajaan Bali tempo dulu.

4. Patung Naga

Terdapat ornamen yang menarik lagi dari tempat ini, yakni patung naga. Di dalamnya terdapat jembatan yang bentuknya adalah naga yang membelah kolam. Ukiran khas Bali menghias patung tersebut, sehingga terasa perpaduan budaya Bali dan Tionghoa.

5. Patung Prajurit di Atas Kolam

Saat memasuki lokasi wisata air nan unik ini, pengunjung dapat langsung melihat patung prajurit. Barisan patung tersebut seakan menyambut para wisatawan yang hadir. Dengan begitu, kesan seperti berada di kerajaan semakin terasa.

PENUTUP

Berlibur ke Bali memang menjadi pilihan yang cocok karena ketersediaan tempat wisata yang beragam. Salah satunya wisata air bersejarah Pura Tirta Gangga yang ada di Bali bagian Timur. Wisatawan akan menikmati langsung kesejukan dan keasrian lokasi wisata air tersebut.

Putri Bali Rental siap menemani perjalanan anda di Bali

Hubungi Kami

081 999 533 488
081 999 533 488
putribali.rental@gmail.com
JL. Grogol Carik, Gg Naga Mas NO. 8

Pembayaran

BCA : 7705203342
A/N I Gede Juliana