putri bali rental mobil di bali

Pura Luhur Uluwatu: Keunikan, Sejarah dan Daya Tarik

Pura Luhur Uluwatu

Pura Luhur Uluwatu merupakan salah satu tempat di Bali yang paling banyak dikunjungi wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Pemandangan laut dari atas tebing dan pertunjukan budaya Bali menjadi magnet utama Uluwatu. 

Alamat Pura Uluwatu terletak di Desa Pecatu, Kecamatan Kuta, Badung. Pura yang terletak di ujung barat daya Pulau Bali yang menjorok ke laut ini merupakan Pura Sad Kahyangan yang dipercaya oleh umat Hindu sebagai penyangga dari 9 mata angin.

Sejarah Pura Luhur Uluwatu

Dilansir dari laman candi.perpusnas.go.id, terdapat dua pendapat mengenai sejarah Pura Uluwatu. Pendapat pertama menyebutkan bahwa pendiri Pura Uluwatu adalah Mpu Kuturan pada masa pemerintahan Marakata. 

Dikutip dari website Kemendikbud, dalam Lontar Usana Bali disebutkan bahwa Mpu Kuturan atau Mpu Rajakreta membangun banyak pura di Bali, termasuk Pura Uluwatu. 

Pendapat lain pun ada yang mengaitkan Pura Uluwatu dengan sosok Dang Hyang Nirartha yang berasal dari Kerajaan Daha (Kediri) di Jawa Timur. Beliau datang ke Bali pada tahun 1546 M pada masa pemerintahan Dalem Waturenggong. 

Dang Hyang Nirartha kemudian dipercaya sebagai pendiri Pura Uluwatu di Bukit Pecatu. Setelah perjalanan spiritual keliling pulau Bali, Dang Hyang kembali ke Pura dan melakukan 'moksa' meninggalkan 'marcapada' (dunia) menuju 'swargaloka' (surga).

Keunikan Pura Uluwatu

Ada dua pintu masuk utama untuk memasuki kawasan Pura Luhur Uluwatu, yaitu akses gerbang dari utara, dan akses dari aula di selatan. 

Kemudian saat wisatawan memasuki gerbang masuk, mereka dapat melihat kawasan hutan yang cukup luas dengan banyaknya pepohonan yang tumbuh. 

Saat memasuki kawasan hutan, pengunjung juga bisa melihat kera ekor panjang yang cukup banyak. Selanjutnya keunikan Pura Uluwatu terletak pada lokasinya yang berada di atas bukit karang dengan ketinggian sekitar 97 meter di atas permukaan laut. 

Karena letaknya yang berada di atas tebing batu, tempat sembahyang di tepi tebing selatan Bali ini diberi nama Uluwatu yang dalam bahasa Sansekerta berarti puncak batu. 

Letak bangunan Pura Uluwatu membuat wisatawan yang datang berkunjung tidak hanya bisa menikmati suasana sakral dan religius saja. Namun juga melihat pemandangan indah dan keunikan situs suci Uluwatu.

Daya Tarik Pura Uluwatu

Banyak hal yang bisa Anda lihat di Pura Luhur Uluwatu, antara lain yaitu:

Pementasan Tari Kecak

Di area pura Anda bisa menyaksikan pertunjukan tari Kecak khas Bali yang berlangsung pada sore hari.

Hal yang menarik dari pertunjukan Tari Kecak di sini adalah pemandangan matahari terbenam yang menjadi latar saat menari. Wisatawan bisa menikmati pertunjukan sambil melihat indahnya pemandangan yang disediakan alam.

Surfing di Pantai Uluwatu

Pura satu ini juga mempunyai pantai indah bernama Blue Point Uluwatu yang berada di bawah tebing pura. Blue point Uluwatu terkenal dengan ombaknya yang besar sehingga banyak wisatawan yang berselancar di pantai ini.

Sunset dari Atas Tebing

Pura ini juga terkenal dengan pemandangan matahari terbenamnya yang menakjubkan tanpa ada halangan apapun. Matahari akan terlihat tenggelam perlahan di atas cakrawala dengan warna-warni yang mempesona.

Demikianlah beberapa informasi dan hal menarik yang ada di Pura Luhur Uluwatu yang dapat Anda lakukan. Jika datang berkunjung, jangan lupa untuk membawa barang favoritmu seperti kamera atau sun protect untuk surfing. 

Dengan begitu, liburan Anda akan menyenangkan di Pura Uluwatu yang tidak kalah indahnya dengan suasana Pantai di Bali lainnya.

Putri Bali Rental siap menemani perjalanan anda di Bali

Hubungi Kami

081 999 533 488
081 999 533 488
putribali.rental@gmail.com
JL. Grogol Carik, Gg Naga Mas NO. 8

Pembayaran

BCA : 7705203342
A/N I Gede Juliana