putri bali rental mobil di bali

Wisata Sejarah di Puri Agung Blahbatuh Bali

puri agung blahbatuh

Bali tidak hanya dikenal dengan panorama pantainya yang indah dan juga panorama bawah lautnya yang bersih. Di Bali terdapat pula peninggalan sejarah dari jejak kerajaan Kediri dan Majapahit di Bali, salah satunya yakni Puri Agung Blahbatuh.

Sesekali Anda perlu mengunjungi Puri Ageng di Blahbatuh Bali tersebut. Di sana terdapat keluarga kerajaan yang merupakan keturunan dari Sri Aji Kepakisan. Penasaran tempatnya di mana? Yuk simak lebih lanjut tentang Puri Ageng Bali Blahbatuh.

Lokasi Puri Agung Blahbatuh

Puri Gianyar atau dikenal juga dengan Puri Agung ini berlokasikan di Jalan Raya Udayana, nomor 2, Blahbatuh, Kabupaten Gianyar, Bali. Puri ini telah didirikan kembali pada abad ke-16. Dan, kini usia bangunan tersebut telah mencapai 300 tahun lebih.

Puri Agung Gianyar dulunya merupakan tempat tinggal bagi para bangsawan Bali. Karena itulah arsitektur dari bangunan Puri Agung yang ada desa di Kecamatan Blahbatuh masih sangat khas. Keasliannya masih dijaga dan Anda dapat melihatnya sendiri di sana.

Topeng Gajah Mada di Puri Agung Gianyar Blahbatuh

Salah satu daya tarik atau keunikan dari puri ini adalah adanya topeng Gajah Mada di Puri Blahbatuh. Topeng Gajah Mada ini dikenal sebagai benda yang suci dan keberadaanya masih misterius. Topeng ini menyimpan jejak sejarah pertempuran Bali dengan Blambangan.

Diyakini bahwa topeng Gajah Mada tersebut masih disimpan di ruangan sacral raja Dani. Selain itu, ada beberapa daya tarik lain yang bisa dilihat, sebagai berikut:

1. Terdapat 18 Mandala

Perlu diketahui bahwa dalam puri ini bangunannya masih asli dan terdapat 18 mandala. Dan, tiap petak kompleks tempat tinggal di puri ini masih dihuni oleh keluarga bangsawan. Adapun para leluhur Puri Ageng Gianyar berasal dari Kediri.

2. Bangunan Berusia 300 Tahun yang Masih Asli

Jika Anda berkunjung ke Babad Blahbatuh dan berencana ke Puri Agung, maka Anda akan takjub dengan bangunannya. Puri ini berusia sekitar 300 tahun lebih, dan seluruh isi bangunannya masih dijaga keasliannya hingga saat ini.

Nuansa Majapahit di Bali akan sangat kental, di mana terdapat dinding bata merah yang membentang. Selain itu terdapat Relief Dewa-Dewi yang indah terukir secara berjarak di dinding tersebut. Anda akan merasakan hawa kerajaan di kediaman para bangsawan Bali ini.

3. Sejarah Kerajaan yang Masih Terjaga

Di Puri Agung Blahbatuh Bali merupakan salah satu peninggalan sejarah Majapahit di Bali. Dan, hingga saat ini masih dijaga keaslian struktur bangunan agar sejarah dalam bangunan tersebut tidak hilang. 

Di Bali, puri dipimpin oleh keturunan raja, yang mana pimpinan ini akan dipilih oleh lembaga kekerabatan puri. Di Bali pemimpin puri dikenal sebagai Penglingsir atau Pemucuk. Umumnya pemimpin dapat dikenali dari gelar yang ada pada nama mereka.

4. Terdapat Taman Yasa

Daya tarik yang membedakan Puri Ageng Gianyar Blahbatuh dengan puri yang ada di Bali, yakni adanya taman. Taman di Puri Ageng Gianyar terletak di dukung Timur Laut puri. Tempat tersebut adalah tempat suci atau dikenal dengan sebutan merajan oleh masyarakat.

Di puri lain, taman akan digunakan sebagai tempat sembahyang atau tempat beribadah. Namun uniknya di Puri Ageng gianyar, taman digunakan sebagai tempat meditasi. Taman tersebut disebut dengan nama taman Yasa.

PENUTUP

Puri Agung Blahbatuh salah satu bangunan bersejarah, saksi sejarah pertempuran Bali dengan Blambangan. Puri Agung ini memiliki sejumlah daya tarik yang berbeda dan unik dari puri lainnya. Jika bosan dengan wisata bahari, Anda dapat mencoba berwisata sejarah di sana!

Putri Bali Rental adalah pilihan terbaik untuk sewa mobil yang aman dan terpercaya di Bali

Hubungi Kami
081 999 533 488
081 999 533 488
putribali.rental@gmail.com
JL. Grogol Carik, Gg Naga Mas NO. 8
Pembayaran
BCA : 7705203342
A/N I Gede Juliana
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram