putri bali rental mobil di bali

5 Upacara Adat Bali yang Unik dan Menarik

Upacara adat Bali

Upacara adat Bali berkaitan dengan kegiatan keagamaan Hindu, agama yang dianut mayoritas masyarakat Bali. Upacara adat ini adalah bagian dari keseharian masyarakat di pulau ini. Upacara adat tidak hanya menarik minat para pelakunya tetapi juga wisatawan.

Pasalnya, pada saat upacara seluruh masyarakat bisa berbaur dengan mengenakan pakaian adat Bali, sesuai dengan jenis upacaranya. Maka tak heran jika upacara adat di Bali selalu ditunggu-tunggu oleh warganya maupun wisatawan yang berkunjung.

5 Upacara Adat Bali

Bali mempunyai banyak potensi pariwisata dan budaya. Tak heran jika pulau yang dijuluki Pulau Dewata ini tak pernah sepi wisatawan. Ingin melihat sisi lain Bali? Dapatkan momen seru dengan menyaksikan 5 tradisi Bali yang terkenal berikut ini.

1. Upacara Ngaben

Upacara Ngaben adalah salah satu upacara adat yang terkenal di Bali. Ngaben sendiri adalah upacara pembakaran jenazah. Upacara ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menyempurnakan jenazah. 

Upacara Ngaben terbagi dalam beberapa kategori, yaitu Ngaben Asti Wedana, Ngaben Sawa Wedana, dan Swasta. Umumnya upacara yang paling sering dilakukan adalah Ngaben Asti Wedana. 

Dalam upacara ini jenazah dikuburkan terlebih dahulu, hingga nantinya hanya tulang belulangnya saja yang melalui proses pembakaran. Upacara Ngaben tidak selalu dilaksanakan, karena biaya yang diperlukan untuk menyelenggarakannya tidak sedikit.

2. Upacara Mekare-kare

Upacara adat Bali berikutnya yaitu upacara Mekare-kare. Upacara ini dikenal juga dengan sebutan “perang daun pandan”, karena para pesertanya bertarung menggunakan daun pandan berduri. 

Upacara ini diadakan sebagai bentuk penghormatan terhadap Dewa Indra yang merupakan dewa perang dalam agama Hindu. 

Upacara ini hanya untuk laki-laki pemberani dan tangguh. Prosesi ini diiringi dengan musik gamelan yang nyaring dan sorak-sorai penonton. Setelah perang usai, mereka akan dirawat dan didoakan oleh orang yang lebih tua agar mereka tidak merasakan kesakitan.

3. Upacara Melasti

Upacara Melasti dimaksudkan sebagai penyucian diri bagi masyarakat Hindu di Bali dengan mengunjungi beberapa sumber air suci seperti danau, mata air, dan laut yang diyakini menyimpan mata air keabadian atau Amerta. 

Dalam acara ini, pejabat Hindu akan memercikkan air suci ke kepala setiap orang yang datang untuk membuang hal-hal buruk di dalam tubuh.

4. Upacara Omed-Omedan

Upacara adat Bali yang menarik lainnya yaitu upacara omed-omedan. Upacara ini biasanya dilaksanakan setelah hari raya Nyepi. Pada awal upacara, terdapat kegiatan doa massal di pura. 

Kemudian, kelompok remaja putri yang belum menikah berusia 18 hingga 30 tahun akan saling berhadapan. Umumnya akan ada satu remaja putri dan remaja putra yang maju ke depan dan disiram air. 

Kemudian mereka akan saling berkelahi, kegiatan ini terkadang diakhiri dengan keduanya saling berciuman.

5. Upacara Saraswati

Upacara Saraswati diadakan untuk merayakan ilmu pengetahuan. Melalui upacara ini, umat Hindu mengadakan ritual pemujaan terhadap Dewi Saraswati yang dipercaya membawa ilmu pengetahuan ke muka bumi agar manusia menjadi terpelajar. 

Segala sesuatu yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan akan didoakan dalam upacara ini, seperti kitab dan kitab suci. Anda dapat menyaksikan para penari tampil dan mendengarkan pembacaan cerita. 

Upacara Saraswati terbagi dalam tiga tahap, yaitu pra-upacara, upacara utama, dan upacara penutupan.

Itulah beberapa upacara adat Bali yang sayang untuk dilewatkan saat Anda berlibur ke Bali. Disini Anda bisa merencanakan liburan seru di Pulau Dewata, dan nikmati keindahan pulau ini serta keunikan tradisi yang masih dipertahankan hingga saat ini.

Putri Bali Rental adalah pilihan terbaik untuk sewa mobil yang aman dan terpercaya di Bali

Hubungi Kami
081 999 533 488
081 999 533 488
putribali.rental@gmail.com
JL. Grogol Carik, Gg Naga Mas NO. 8
Pembayaran
BCA : 7705203342
A/N I Gede Juliana
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram
holiganbetholiganbetbetcupbetcio,betcio girişpusulabet,pusulabet girişbetnano,betnano girişjojobetorisbet,orisbet girişbettilt,bettilt girişcasibomholiganbetholiganbetbetcupbetcio,betcio girişpusulabet,pusulabet girişbetnano,betnano girişjojobetorisbet,orisbet girişbettilt,bettilt girişcasibom
vozol likitEşya Depolamavozol 12000vozol likitEşya Depolamavozol 12000tuzla evden eve nakliyat