putri bali rental mobil di bali

Legenda Danau Batur

legenda danau Batur

Jika Anda berencana berlibur ke Danau Batur di Bali sebaiknya Anda membaca kisah legenda danau Batur berikut ini. Pasalnya selain penuh pesan moral, cerita rakyat Bali juga membantu Anda mengenal lokasi yang Anda kunjungi.  Ini kisah singkatnya.

Legenda Danau Batur

Cerita rakyat legenda Danau Batur bermula dari sepasang suami istri sederhana yang belum mempunyai anak. Mereka berdoa kepada Tuhani agar bisa memiliki anak. Doa mereka dijawab dengan lahirnya bayi lelaki yang lucu.

Namun, ia tumbuh secara luar biasa karena memiliki nafsu makannya luar biasa besar. Semakin hari ia tumbuh semakin besar, jatah makannya juga semakin banyak. Hal ini membuat orang tuanya kewalahan. 

Karena ia tumbuh menjadi raksasa maka ia membutuhkan makanan berkali-kali lipat lebih banyak. Warga desa bekerja sama membantu memberi makan anak yang diberi nama Kebo Iwa tersebut. Kebo Iwa sendiri artinya paman kerbau.

Kebo Iwa

Walaupun Kebo Iwa menghabiskan banyak makanan, tetapi ia memiliki sifat yang baik. Ia sangat rajin dalam membantu warga membangun rumah, pura maupun pekerjaan lainnya. Alhasil, warga merasa terbantu dengan kehadirannya.

Namun, Kebo Iwa juga memiliki sifat buruk yang membuat warga desa resah. Setiap kali lapar dan warga tidak menyediakan makanan maka ia akan marah. Parahnya, ia akan menghancurkan apapun yang ada di depannya. Alhasil, banyak bangunan hancur ketika ia marah.

Tidak ada masalah dengan memberi makan Kebo iwa ketika keadaan baik dan panen warga lancar. Namun, warga mulai merasa kuatir karena masa paceklik dan kekeringan yang melanda desa. Panen dan persediaan makanan pun mulai menipis.

Masa Paceklik

Legenda di Indonesia mengenai asal usul danau Batur ini mulai memunculkan masalah serius ketika terjadi paceklik. Musim kemarau yang berkepanjangan menyebabkan hasil panen warga menurun drastis. Persediaan makanan untuk warga desa dan keluarganya juga berkurang. 

Mereka kuatir dan takut karena tidak mampu menyediakan makanan untuk Kebo Iwa. Ketakutan itu terbukti ketika suatu hari Kebo Iwa datang untuk meminta makanan. Tentu saja mereka tidak memiliki makanan untuk diberikan kepadanya karena jatah mereka dan keluarga pun menipis.

Kemarahan Kebo iwa

Kebo Iwa marah besar dan menghancurkan apa saja yang ia temui, termasuk pemukiman warga dan tempat ibadah. Ia bahkan memakan ternak peliharaan warga karena rasa lapar yang tak terhingga. Warga yang ketakutan lalu melarikan diri ke desa tetangga agar aman.

Mamun Kebo Iwa tetap mengejar mereka hingga ke desa tetangga tersebut. Alhasil, desa tersebut juga menjadi korban amukan si raksasa bernama Kebo iwa. Cerita rakyat Bali singkat ini menjadi seru karena warga geram dan marah terhadap perilaku Kebo iwa.  

Muslihat Menyingkirkan Kebo Iwa

Warga yang geram mulai bersatu dan menyusun rencana untuk menyingkirkan sang raksasa. Mereka berupaya mengumpulkan makanan sebanyak mungkin sebagai umpan untuk menjebak Kebo Iwa. Mereka lalu meminta si raksasa untuk membantu membangun kembali bangunan yang sebelumnya dia rusak

Kebo Iwa langsung setuju karena mendapat iming-iming makanan. Warga lalu memintanya untuk membuat sumur yang besar untuk mereka. Ia menggali sangat dalam sehingga tanah galiannya menjadi gundukan yang sangat besar. Sementara itu warga mengumpulkan batu kapur sebanyak-banyaknya.

Ketika Kebo Iwa tertidur di lubang sumur buatannya karena kelelahan dan kekenyangan. Warga menimbunnya dengan batu kapur yang kemudian bercampur dengan air dari lubang tersebut. Kebo Iwa tenggelam di dalamnya namun air terus mengalir hingga membanjiri desa di sekitarnya.

Penutup

Itulah legenda danau Batur singkat dimana genangan air tersebut menjadi Danau Batur. Sedangkan gundukan tanah hasil galian Kebo iwa menjadi Gunung Batur. Pesan moral dari cerita ini adalah kegigihan dan kerjasama bisa mengalahkan masalah besar yang sedang dihadapi. 

Dari sosok Kebo iwa kita juga bisa belajar bahwa dibalik kekurangan dan sifat buruk seseorang, ia tetap memiliki sifat positif. Semoga kisah legenda danau Batur di atas dapat menginspirasi Anda.

Putri Bali Rental siap menemani perjalanan anda di Bali

Hubungi Kami

081 999 533 488
081 999 533 488
putribali.rental@gmail.com
JL. Grogol Carik, Gg Naga Mas NO. 8

Pembayaran

BCA : 7705203342
A/N I Gede Juliana