putri bali rental mobil di bali

Destinasi Wisata Menarik di Puri Agung Kesiman

Puri Agung Kesiman

Siapa yang bercita-cita untuk menikmati masa liburan di Bali? Tentu semua orang di dunia ini  juga  bersaing untuk dapat merasakan experience fenomenal khususnya ketika berkunjung ke spot tidak kalah viral yaitu Puri Agung Kesiman.

Puri ini dikatakan viral karena memiliki nilai historikal yang sangat kuat. Jika kamu tertarik untuk mengunjungi dan melihat secara langsung daya tarik Puri Agung maka kamu harus memasukkan spot destinasi tersebut ke dalam list kunjungan saat liburan tahun ini! 

Daya Tarik Puri Agung Kesiman 

Aktivitas liburan di Bali tidak hanya soal berkunjung ke pantai atau snorkeling di Nusa Penida saja loh!  Tetapi juga berkunjung ke Puri Agung untuk menikmati sensasi dari nilai sejarah dan nilai estetika dari tempat yang telah ada selama bertahun-tahun. Keren bukan?

Lokasi puri ini sangat mudah diakses kok dan letaknya juga di pusat kota yaitu Denpasar, khususnya di desa Dangin Puri. Kehadiran puri ini merupakan icon Bali yang tidak boleh kamu lewatkan daya tariknya. Ketahuilah daya tarik selebihnya sebelum berkunjung kesini!

1. Nilai sejarah dari Puri Agung 

Jika kamu sudah mengenal dan mempelajari Puri Agung Pemecutan maka langkah yang harus kamu ambil selanjutnya adalah untuk memahami lebih dalam lagi mengenai sejarah di balik berdirinya Puri Agung Kesiman. Perlu diketahui bagaimana kearifan lokal ini terbentuk.

Dari jauh saja kamu pasti dapat mengetahui bagaimana bangunannya sudah menggambarkan serta merepresentasikan bentuk seni arsitektur tradisional Bali. Apakah kamu tidak penasaran dengan cerita dan nilai sejarah di baliknya? Ketahuilah sejarahnya agar lebih tertarik!

  1. Puri ini memiliki umur yang sangat tua mengingat bagaimana puri ini telah didirikan oleh Raja Badung VI yang dikenal dengan I Gusti Ngurah Made Pemecutan atau I Gusti Ngurah Made Agung. Raja ini berhasil memperluas wilayah kerajaannya 
  2. Hadirnya puri ini menjadi icon pusat pemerintahan Kerajaan Badung selama dipimpin oleh I Gusti Ngurah Made Pemecutan. Saat itu masa pemerintahannya membawakan kejayaan dan kemakmuran bagi warganya 
  3. Menjadi saksi sejarah yang cukup menyeramkan yaitu ketika terjadinya Perang Puputan Badung saat tahun 1906 dimana anggota dari keluarga kerajaan Badung itu sendiri banyak sekali yang gugur saat melawan Belanda 
  4. Karena melekatnya sejarah pada puri ini, seringlah diadakan upacara adat serta tradisi Bali di tempat ini. Maka dari itu tempat ini menjadi pusat pelestarian seni dan budaya Bali 

2. Daya Tarik Tersendiri Yang Menarik

Jika kamu sudah mengetahui sejarah dari Puri ini tentunya kamu akan menjadi semakin tertarik untuk berkunjung ke Puri Agung ini. Sebenarnya di Bali Puri Agungnya tidak hanya terdiri dari satu ini saja tetapi juga ada lagi yang lain seperti Puri Agung Ubud.  

Namun, untuk bagian ini ketahuilah terlebih dahulu mengenai daya tarik Puri Agung ini secara khusus. Kamu harus tau ada apa saja di dalam Puri Agung satu ini supaya kamu bisa menggambarkannya secara sekila sebelum benar-benar berkunjung. 

  1. Terdiri dari pura dalem yang dijadikan tempat suci bagi keluarga kerajaan
  2. Ada juga yang disebut dengan pemedal sebagai bangunan yang secara spesifik dibangun untuk menyimpan pusaka kerajaan 
  3. Ada bale pesanggrahan yang digunakan sebagai bangunan penerima tamu untuk acara-acara

Nah, kamu sudah mengetahui banyak mengenai Puri Agung Kesiman. Jangan lupa juga untuk mencari tau dan mengunjungi tempat lainnya di Bali seperti pantai di Nusa Penida yaitu Gamat Bay. Dijamin kamu akan enjoy liburanmu !

Putri Bali Rental siap menemani perjalanan anda di Bali

Hubungi Kami

081 999 533 488
081 999 533 488
putribali.rental@gmail.com
JL. Grogol Carik, Gg Naga Mas NO. 8

Pembayaran

BCA : 7705203342
A/N I Gede Juliana