putri bali rental mobil di bali

Belajar Sejarah Melalui Wisata Puri Agung Pemecutan

Puri Agung Pemecutan

Salah satu pura yang terkenal di Bali adalah Puri Agung Pemecutan. Puri ini dijadikan sebagai keraton kerajaan yang ada di Bali dan masih berdiri kokoh hingga saat ini. Bangunannya pun masih bisa digunakan untuk tinggal.

Konon, puri ini didirikan pada tahun 1786  oleh I Gusti Ngurah Made Pemecutan. Dulunya, puri ini digunakan sebagai pusat pemerintahan Kerajaan Badung. Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai putrinya, jangan sampai melewatkan informasi berikut.

Daftar Raja di Puri Agung Pemecutan

Puri memang terkenal sebagai tempat singgah para raja dari dulu hingga sekarang. Puri Pemecutan pernah dihuni oleh beberapa raja secara turun temurun. Berikut daftar beberapa raja yang pernah menggunakannya:

I Gusti Ngurah Made dari tahun 1788 hingga 1813

I Gusti Ngurah Jambe dari tahun 1813 hingga 1817

I Gusti Made Ngurah dari tahun 1817 hingga 1829

I Gusti Gede Ngurah dari tahun 1829 hingga 1848

I Gusti Alit Ngurah dari tahun 1848 hingga 1902

I Gusti Ngurah Made Agung dari tahun 1902 hingga 1906

Cokorda Alit Ngurah dari tahun 1929 hingga 1965

Cokorda Ngurang Agung dari tahun 1965 hingga 1998

Ida Cokorda Pemecutan XI dari tahun 1998 hingga 2021.

Sekilas Mengenai Puri Agung Pemecutan

Puri ini sangat menarik jika dijadikan sebagai tempat wisata. Sebab, bangunannya masih asri dan berdiri kokoh. Keberadaan Puri Agung masih menjadi primadona bagi para wisatawan, baik dari dalam negeri maupun luar negeri.

Letaknya cukup strategis yaitu di jalan Thamrin, Denpasar, Bali. Puri ini ada di tengah-tengah kota yang berdekatan dengan pasar seni Kumbasari. Pasar tersebut menjual aneka macam oleh-oleh khas Bali. 

Bangunan dari puri ini dominan dengan batu bata berwarna merah tradisional yang terlihat begitu unik. Pintu dari puri ini juga sangat memperlihatkan kerajaan pada masa lampau sehingga Anda bisa sekaligus bernostalgia.

Bagi Anda yang ingin berkunjung ke puri ini, tidak perlu khawatir karena setiap hari buka untuk para wisatawan. Jam bukanya pun 24 jam sehingga Anda bisa datang pada siang hari maupun malam hari sesuai dengan jadwal kosong yang dimiliki.

Aktivitas Menarik di Puri Agung Pemecutan

Banyak aktivitas menarik yang bisa Anda coba ketika berada di Puri Agung. Bagi Anda yang masih bingung ingin melakukan apa saja, silahkan simak ulasannya yang tersaji berikut:

1. Mempelajari Sejarah Puri

Puri ini dijadikan sebagai tempat tinggal para raja pada masanya. Banyak wisatawan yang belum mengetahui sejarah atau seluk beluk dari puri ini sehingga perlu mengetahuinya. Anda bisa mengetahui sejarahnya melalui tour guide atau pemandu wisata.

Setiap sudut dari puri ini memiliki nilai sejarah yang tidak boleh dilupakan begitu saja. Dengan mengenang sejarah, maka Anda bisa ikut bangga dan turut melestarikan puri yang masih berdiri kokoh tersebut.

2. Mengabadikan Momen

Puri ini memiliki nilai keunikan di setiap bangunannya. Meskipun terlihat kuno, namun putrinya memiliki nilai estetika yang tinggi. Sayang sekali jika Anda tidak mengabadikan momen di tempat ini.

Setiap sudut Puri Agung Denpasar bisa dijadikan sebagai latar belakang foto yang estetik sehingga Anda tidak akan kecewa. Pilihlah angle yang bagus agar hasilnya juga lebih bagus.

Penutup

Itulah informasi terkait Puri Agung Pemecutan yang bisa Anda simak dengan baik. Bagi Anda yang ingin ke tempat wisata tersebut, bisa melakukan rental mobil Bali. Harga yang ditawarkan pun cukup terjangkau.

Putri Bali Rental siap menemani perjalanan anda di Bali

Hubungi Kami

081 999 533 488
081 999 533 488
putribali.rental@gmail.com
JL. Grogol Carik, Gg Naga Mas NO. 8

Pembayaran

BCA : 7705203342
A/N I Gede Juliana