putri bali rental mobil di bali

Sejarah, Daya Tarik, dan HTM ke Pura Lempuyang Luhur

Pura Lempuyang Luhur

Sebagai salah satu wilayah di Indonesia yang mayoritas penduduknya merupakan umat Hindu, wajar rasanya jika Pulau Bali dijuluki sebagai Pulau Seribu Pura. Itu kenapa, saat liburan di Bali, Anda harus menyempatkan diri untuk datang ke Pura Lempuyang Luhur.

Hal ini karena, pura yang terletak di Lereng Gunung Lempuyang, Kecamatan Abang, Kabupaten Karangasem ini memiliki posisi yang sangat penting bagi umat Hindu Bali. Selain memiliki sejarah menarik, pemandangan di sekitar Pura pun sangat indah.

Sejarah

Pada dasarnya, sejarah Pura Lempuyang memang sangat menarik untuk diulik, terutama bagi umat Hindu. Dari namanya saja, Pura Lempuyang memiliki makna yang mendalam, yaitu kata "lempu" yang berarti sinar dan "hyang" yang berarti Tuhan.

Sehingga, dalam bahasa lokal, Lempuyang memiliki arti literal "Sinar Tuhan". Sudah pasti, asal usul nama Pura Lempuyang ini tidak sembarangan. Hal ini karena posisi pura yang ada di sebelah timur, tempat sinar Tuhan atau yang Anda kenal dengan matahari, terbit.

Masyarakat setempat percaya, jika Gunung Lempuyang, tempat di mana pura ini berdiri merupakan pemberian dari Sang Hyang Parameswara. Dia membawanya dari Jambudwipa di India, yang mungkin kini Anda kenal dengan nama Gunung Mahameru.

Sang Hyang Parameswara pun membagi gunung tersebut menjadi tiga bagian besar, salah satunya adalah Gunung Agung. Tidak hanya gunung besar, namun Sang Hyang Parameswara juga membaginya ke bagian yang lebih kecil, seperti Gunung Lempuyang.

Sejak saat itu, Sang Hyang Parameswara mengutus Sang Hyang Agni Jaya Sakti untuk menjaga masyarakat Bali. Tidak hanya Sang Hyang Agni Jaya Sakti saja, namun beberapa dewa lain juga turun di sini. Itu kenapa posisi pura ini sangat penting.

Daya Tarik

Di samping memiliki sejarah yang sangat menarik untuk diulik, Pura Lempuyang Luhur juga memiliki daya tarik lain yang tidak boleh Anda lewatkan begitu saja. Mulai dari pemandangan indah, suasana tenang, hingga udara segar bisa Anda rasakan di sini.

Supaya lebih jelas, berikut adalah beberapa daya tarik Pura Lempuyang yang penting untuk Anda ketahui!

1. Menikmati Keindahan Gate of Heaven

Salah satu alasan kenapa Anda harus mengunjungi Pura Lempuyang adalah karena kehadiran Gate of Heaven atau Pintu Surga. Hanya saja, bukan berarti Anda bisa langsung pergi ke surga yang sebenarnya pada saat berkunjung ke pura ini.

Namun, nama tersebut hanyalah julukan karena pemandangan di sekitar pura yang terkenal sangat indah, sehingga Anda merasa sedang mengunjungi surga.

2. Melakukan Adventure dengan Trekking ke Puncak Gunung

Tidak hanya keindahan di lereng gunung saja, namun Anda juga harus naik ke atas puncak untuk mencapai Pura Lempuyang Luhur. Itu kenapa Anda bisa melakukan adventure dengan melakukan trekking ke atas gunung untuk mencapai pura di bagian puncak.

Harga Tiket Masuk

Meskipun memiliki sejarah yang menarik dan pemandangan yang indah, harga tiket masuk ke Pura Lempuyang memang tidak terlalu mahal. Pada umumnya, Anda hanya perlu membayar sekitar Rp50.000 per orang untuk bisa masuk ke area pura yang satu ini.

Secara garis besar, Anda bisa berkunjung ke Pura Lempuyang di setiap hari mulai dari pukul 07:00 pagi hingga pukul 22:00 malam. Hanya saja, perempuan yang sedang haid memang tidak diperbolehkan untuk masuk ke area pura karena termasuk area suci.

Penutup

Itulah segala hal tentang Pura Lempuyang Luhur yang perlu Anda ketahui, mulai dari sejarah, daya tarik, hingga harga tiket masuknya.

Putri Bali Rental adalah pilihan terbaik untuk sewa mobil yang aman dan terpercaya di Bali

Hubungi Kami
081 999 533 488
081 999 533 488
putribali.rental@gmail.com
JL. Grogol Carik, Gg Naga Mas NO. 8
Pembayaran
BCA : 7705203342
A/N I Gede Juliana
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram
holiganbetholiganbetbetcupbetcio,betcio girişpusulabet,pusulabet girişbetnano,betnano girişjojobetorisbet,orisbet girişbettilt,bettilt girişcasibom
vozol likitEşya Depolamavozol 12000tuzla evden eve nakliyatAntika alan yerler