putri bali rental mobil di bali

Sejarah dan Keindahan Puri Agung Tabanan Bali

Puri Agung Tabanan

Bali, pulau yang terkenal dengan keindahan alamnya, juga menyimpan kekayaan sejarah dan kebudayaan yang memikat. Salah satu peninggalan bersejarah yang menarik perhatian adalah Puri Agung Tabanan, sebuah istana kerajaan yang menjadi simbol kebesaran seni Bali.

Sejarah Puri Agung Tabanan

Puri Agung Tabanan adalah istilah untuk tempat tinggal Raja Tabanan. Asal-usul bangunan ini terkait dengan Arya Kenceng, yang disebut ikut datang bersama Gajah Mada saat Majapahit menaklukkan Kerajaan Bedahulu di Bali pada tahun 1343. 

Arya Kenceng, setelah diberi pelajaran tentang pemerintahan oleh Gajah Mada, diberikan wilayah kekuasaan di Tabanan. Pusat kerajaannya, atau Puri Agung, berada di Pucangan. 

Kemudian, Raja Tabanan III, Sirarya Ngurah Langwang, dipindahkan ke daerah selatan setelah mendapat perintah dari Dalem Raja Bali. Ia mendapat petunjuk untuk membangun puri di tempat yang dipenuhi asap, yang ternyata keluar dari sebuah sumur di Dukuh Sakti. 

Puri tersebut dinamai Puri Agung Tabanan karena asap yang terus mengepul dari sumur. Akhirnya, kerajaannya dipindahkan secara resmi dari Pucangan ke Tabanan sekitar abad ke-14.

Arsitektur yang Memukau

Salah satu daya tarik utama Puri ini adalah arsitekturnya yang megah dan memukau. Istana ini dibangun dengan gaya arsitektur tradisional Bali yang khas, dengan penggunaan batu alam dan kayu yang diukir indah. 

Selain itu, bangunan-bangunan istana yang terhampar luas di kompleks bangunan ini mencerminkan keindahan dan kekayaan seni rupa Bali.

Kegiatan Budaya di Puri Agung Tabanan

Selanjutnya, puri ini tidak hanya menjadi tempat bersejarah, tetapi juga menjadi pusat kegiatan budaya yang penting di Bali. Berbagai upacara adat, pertunjukan seni tradisional, dan ritual keagamaan sering kali diadakan di dalam kompleks istana ini. 

Wisatawan yang mengunjungi Puri ini akan memiliki kesempatan untuk menyaksikan kegiatan budaya Bali yang autentik dan memikat. 

Keindahan Taman dan Lanskap

Selain bangunan-bangunan istana yang megah, Puri ini juga dikelilingi oleh taman-taman yang indah dan lanskap alam yang menakjubkan. 

Taman-taman yang dirawat dengan baik dan dipenuhi dengan aneka flora tropis Bali menambah pesona dan keindahan puri sebagai tempat wisata budaya dan sejarah.

Mempelajari Warisan Budaya Bali

Bagi para pengunjung yang tertarik untuk memahami lebih dalam tentang budaya dan sejarah Bali, tempat wisata ini adalah tempat yang sempurna. 

Wisatawan dapat mengikuti tur yang dipandu untuk menjelajahi kompleks istana ini sambil mempelajari lebih banyak tentang tradisi, kepercayaan, dan kehidupan masyarakat Bali yang kaya akan warisan budaya.

Pentingnya Puri Agung Tabanan dalam Kehidupan Masyarakat Lokal

Selain sebagai objek wisata, puri yang terletak di kota Tabanan ini juga memiliki peran penting dalam kehidupan masyarakat lokal. 

Istana ini masih menjadi tempat penting untuk pelaksanaan upacara adat, pertemuan resmi, dan kegiatan keagamaan bagi masyarakat Bali yang tinggal di sekitarnya. Alhasil, puri ini menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan budaya masyarakat Tabanan.

Mengunjungi Puri Agung Tabanan

Bagi para wisatawan yang berkunjung ke Bali, mengunjungi puri ini adalah pengalaman yang tak terlupakan.  Dengan keindahan arsitektur, kegiatan budaya yang menarik, dan keberadaannya yang menjadi simbol kebesaran sejarah Bali.

Puri Agung Tabanan adalah peninggalan bersejarah yang memikat di pulau Bali. Dengan keindahan arsitektur, kegiatan budaya yang kaya, dan perannya yang penting dalam kehidupan masyarakat lokal, istana ini menjadi destinasi wisata yang patut dikunjungi!

Putri Bali Rental siap menemani perjalanan anda di Bali

Hubungi Kami

081 999 533 488
081 999 533 488
putribali.rental@gmail.com
JL. Grogol Carik, Gg Naga Mas NO. 8

Pembayaran

BCA : 7705203342
A/N I Gede Juliana